Resume Mata Kuliah Agama Islam

Manusia Makhluk Budaya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo, sobat literasi! Kali ini topik yang dibahas penulis tidak akan jauh-jauh dari aspek budaya. Sebagai makhluk paling sempurna yang diciptakan oleh Allah dengan akal yang digunakan untuk berpikir, manusia hendaknya menjadi makhluk dengan kedudukan adab yang tinggi. Semoga bermanfaat. Berikut merupakan ulasannya.

Manusia

Dalam sudut pandang etimologi banyak pendapat yang mengemukakan tentang kata manusia, seperti kata manusia itu berasal dari kata manu (sangsekerta), mens (latin) yang berarti berfikir, berakal budi atau mahluk yang berakal budi. Dalam kamus besar bahasa Indonesia manusia diartikan sebagai mahluk yang berakal budi. Adapun manusia dalam sudut pandang terminologi, kita bisa melihat dari berbagai macam bidang keilmuan. Misalnya dalam kacamata biologi manusia diartikan sebagai spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

Manusia diciptakan Allah sebagai makhluk tertinggi dan paling beradab dibandingkan dengan ciptaan Allah yang lainnya. Manusia mempunyai tingkatan lebih tinggi lagi dalam berfikir, karena mempunyai akal fikiran yang dapat memperhitungkan tindakannya melalui proses belajar secara terus-menerus.

Budaya

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sangsekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam arti terminologi budaya adalah sebuah system yang memiliki koherensi. Menurut E.B Taylor (1987) kebudayaan meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral hukum, adat istiadat, pembawaan lain yang di peroleh dari anggota masyarakat yang terbentuk dari anggota masyarakat yang terbentuk dari pemahaman suatu bangsa.

Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini.Manusia di ciptakan oleh tuhan dengan dibekali oleh akal pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini.  Disamping itu manusia juga memiliki akal, intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku. Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan.

Hakikat Manusia dalam Kebudayaan

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang utuh yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, serta kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan yang meliputi sistem, gagasan atau ide yang terdapat dalam diri manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan berupa benda-benda yang diciptakannya, perilaku, seni dan lain sebagainya, yang didapat melalui penelitian.

Peran manusia sebagai makhluk yang diberi kelebihan dalam segala hal yakni agar dapat memanfaatkan segala fasilitas yang disediakan oleh Allah melalui alam ini. Namun, perlu diketahui bahwa kebudayaan akan bernilai apabila manusia mampu melaksanakan norma yang ada sesuai dengan aturan atau syari’at agama. Ajaran Islam yang demikian telah mendorong umatnya untuk mengerahkan segala daya dan upaya bagi kebaikan dan kesejahteraan umat manusia dalam memperoleh segala fasilitas Allah termasuk dalam pengembangan kebudayaan.

Manusia sebagai Makhluk Budaya Menurut Islam

Dari penjelasan di atas jelaslah bahwa manusia sebagai makhluk yang paling sempurna bila dibanding dengan makhluk lainnya, mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengelola bumi. Karena manusia diciptakan untuk menjadi khalifah, sebagaimana dijelaskan pada surat Al-Baqarah: 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ 

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”

Oleh karena itu, manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kekhalifahannya disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki. Masalah moral adalah yang terpenting, karena sebagaimana Syauqi Bey katakan:

إنّما الأمم الأخلاق مابقيت فإنهمو ذهبت أخلاقهم ذهبوا

Artinya: “Kekalnya suatu bangsa ialah selama akhlaknya kekal, jika akhlaknya sudah lenyap, musnah pulalah bangsa itu”.

Akhlak dalam syair di atas menjadi penyebab punahnya suatu bangsa, dikarenakan jika akhlak suatu bangsa sudah terabaikan, maka peradaban dan budaya bangsa tersebut akan hancur dengan sendirinya. Oleh karena itu untuk menjadi manusia yang berbudaya, harus memiliki ilmu pengetahuan, tekhnologi, budaya dan industrialisasi serta akhlak yang tinggi (tata nilai budaya) sebagai suatu kesinambungan yang saling bersinergi.

Bukti bahwa manusia makhluk berbudaya adalah kita dapat mengembangkan potensi perilau yang baik untuk bergaul dengan masyarakat dan lingkungan sosial sebagai insan yang berbudaya dengan cara mengenal, memahami, dan menghargai budayanya sendiri. Mengembangkan sikap sopan, ramah, dan rendah hati dalam berinteraksi secara efektif dengan para seniman dan budayawan, lingkungan sosial. Kita harus dapat menempatkan diri sebagai cerminan bangsa yang berbudaya dalam pergaulan dunia.

SEKIAN ULASAN KALI INI, TERIMA KASIH UNTUK ATENSI YANG DIBERIKAN.

Wassalmualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumber:

http://ridwan202.files.wordpress.com/2008/10/snag-009.jpg?w=645

http://rizkahidayanty.blogspot.com/2015/12/manusia-makhluk-budaya.html

https://www.kompasiana.com/tofa95/57e9e3874623bddd0bdd8748/manusia-sebagai-makhluk-budaya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdMuQCrcEFGWplJWs4qFWYg7YQVLHXCo4WPboxSHFPTVLJ52_igEvfBydDkNNGxvzT5_MWl3mZCjffSZcH1DNWaARUSNLUlavP1ePyNdlZ1YpQjUDsCvs1QO70UebOS88ljw2-o74Y4RXN/s1600/manusia+&+kebudayaan+1.bmp

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Mata Kuliah Agama Islam

Resume Mata Kuliah Agama Islam