PKL Undiksha 2022

 DAPD Kabupaten Buleleng: Alternatif Opsi Tempat PKL Undiksha 2022

Tampak Depan Kantor DAPD BUleleng
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Halo, sobat literasi! Setelah dua tahun vakum dari dunia tulis menulis di blog, Mimin balik lagi nih dengan segenggam cerita tentang pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng. Sebelum hanyut dalam cerita kegiatan apa saja yang Mimin kerjakan selama PKL, kita kenalan dulu yuk sama salah satu instansi pemerintah ini๐Ÿ˜Š

“Kuatkan Aksi, Salam Literasi”. Selamat menyimak ulasannya.

Undiksha sebagai salah satu perguruan tinggi telah menempuh berbagai upaya untuk mendorong kualitas lulusannya agar dapat bersaing di dunia kerja yang sangat ketat, khususnya pada era Revolusi Industri 4.0. Salah satu cara yang dilakukan adalah menjadikan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa vokasi. Alasan logis yang mendasari hal tersebut adalah agar mahasiswa dapat memiliki pengalaman, wawasan, dan kesiapan diri untuk menghadapi dunia kerja dengan terjun langsung pada berbagai instansi atau industri yang ada.

Pelaksanaan PKL tahun ini dilaksanakan secara terintegrasi dalam artian bahwa seluruh rangkaian proses pelaksanaan PKL dikoordinir secara terpusat di bawah koordinasi Pusat Pengembangan Kompetensi dan Karir Pendidikan Vokasi (PKKPV) LPPPM Undiksha.

DAPD menjadi salah satu opsi tempat yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk memenuhi capaian pembelajaran dalam mata kuliah PKL. DAPD yang semula bernama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buleleng didirikan di Singaraja pada tahun 1959 dengan nama Perpustakaan Negara Provinsi Bali. Kemudian, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 095/0/1979, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buleleng mengalami perubahan nama menjadi Perpustakaan Wilayah yang berada dibawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya, turun Keppres No. 4 tahun 1989 tentang Perpustakaan Nasional yang mengamanatkan perubahan nama lagi menjadi Perpustakaan Daerah Bali.

Terbitnya Undang- Undang Otonomi Daerah serta Perda Kabupaten Buleleng No. 2 tahun 2001, menjadikan Perpustakaan bukan lagi menjadi lembaga vertikal/pusat, melainkan telah disatukan menjadi salah satu perangkat daerah dengan nama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buleleng yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng Nomor 4 Tahun 2008 yang kemudian ditindaklanjuti dalam Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2008. Tahun 2017, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buleleng diubah menjadi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng mengacu pada Peraturan Bupati Buleleng Nomor 75 Tahun 2016 tentang PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BULELENG.  

Cukup panjang juga ya perjalanan kisah perangkat daerah satu ini๐Ÿ˜…

Mimin memilih DAPD sebagai tempat PKL dengan beberapa alasan, sebagai berikut:

  1. Sistem rolling dalam penempatan kerja. Setiap satu minggu sekali, mahasiswa yang PKL akan ditempatkan pada bidang yang berbeda agar dapat merasakan dan memperoleh pengalaman beragam yang menyeluruh terkait dengan tupoksi masing-masing bidang yang ada di DAPD. Dalam hal struktur organisasi, DAPD terdiri dari 4 bidang, yaitu Bidang Sekretariat; Bidang Pengolahan, Layanan, dan Pelestarian Bahan Pustaka; Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca; dan Bidang Pembinaan, Pengelolaan, dan Pengawasan Arsip. Sistem ini juga membantu mahasiswa yang melaksanakan PKL untuk mengenal dan membangun relasi dengan semua pegawai di lingkungan kerja DAPD.
  2. Ilmu tentang kearsipan. Mahasiswa sebagai insan ilmiah tentu saja berhubungan erat dengan berbagai bentuk tulisan berupa berkas dan dokumen. Melalui PKL di DAPD ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tentang cara mengatur dan mengelola arsip yang dimiliki agar tidak tercecer dan mudah ditemukan ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Nah, sekian dulu untuk postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan Mimin selanjutnya ya๐Ÿ˜Š

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Mata Kuliah Agama Islam

Resume Mata Kuliah Agama Islam

Resume Mata Kuliah Agama Islam