PKL Undiksha 2022

 Episode Spesial: Hasil Tualang di Negeri Jendela Dunia

Sebuah kesempatan dan petualangan luar biasa yang Mimin rasakan selama mengikuti program PKL dari kampus bakal Mimin tuangkan dalam cerita episode spesial kali ini. Semoga menginspirasi dan menambah motivasi sobat literasi semua untuk terus belajar mencari pengalaman lewat berbagai jalur kehidupan. Selamat meresapi!!!๐Ÿ˜‰

Petualangan ini bermula ketika tanggal 7 Juli 2022 dilaksanakan Sosialisasi PKL untuk Fakultas Ekonomi. Mahasiswa termasuk Mimin sebenarnya cukup kelabakan karena informasi muncul secara mendadak, tetapi kita terus mengikuti alur informasi yang diberikan oleh prodi, fakultas dan juga LPPPM Undiksha sehingga program PKL yang ada dapat kita ikuti dengan baik.

Kendala awal yang Mimin hadapi adalah penentuan tempat PKL. Untuk tahun ini, Fakultas Ekonomi memberikan kebebasan mahasiswanya untuk mencari dan menentukan tempat PKL yang ingin dituju. Kebebasan ini sebenarnya menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan๐Ÿ˜. Waduhh takut kenapa ya? Takut nggak lolos dan nggak diterima di tempat PKL yang dituju wkwkwk. Sebenarnya Mimin sudah menyiapkan beberapa list tempat, tetapi karena kebijakan prodi mengharuskan surat pengantar hanya boleh dibuat satu saja terlebih dahulu dan apabila sudah mendapat balasan ditolak baru boleh membuat surat pengantar yang baru lagi cukup membuat Mimin dag dig dug ser menunggu balasan surat pengantar dari tempat PKL yang Mimin tuju. Hal yang amat patut disyukuri, Tempat PKL langsung menghubungi Mimin keesokan harinya dan alhasil Mimin diterima menjadi peserta PKL di DAPD Kabupaten Buleleng. 

Periode PKL untuk tahun ini dilaksanakan selama 2 bulan dari tanggal 01 Agustus-30 September 2022. Sebuah pengalaman yang rasanya bakal menjadi pelajaran hidup dan kenangan berarti di benak Mimin๐Ÿ˜‡. 2 bulan berlalu dengan begitu cepat diiringi keramahan pegawai, tegur sapa saat  saling bertemu, traktiran nasi bungkus (nasi kotak kalo lagi ada acara khusus๐Ÿ˜‚), lawakan receh, makan siang di tamkot bareng anak-anak SMEA (Dinda, Laksmi sama Yulita), rujakan mangga atau jambu yang dibawa Pak Astu, shelving buku yang banyaknya masya allah ๐Ÿ˜‚ dan masih banyak lagi hal yang buat kangen. Tapi cukup itu aja dulu yang Mimin spill ya, sisanya biar terpendam di memori Mimin aja. Manis banget kalo diinget lagi pas menggalau dan mampu menghilangkan overthingking yang berlebihan wkwkwk.

Banyak sekali pelajaran yang Mimin peroleh setelah mengikuti program PKL di DAPD Kabupaten Buleleng. Pertama, pelajaran tentang hal teknis berupa fotokopi dan print berkas, pemberian stempel pada berkas, cara memberi nomor surat yang benar pada dokumen SPJ, cara mengatur dokumen yang baik, menerapkan pengetahuan tentang Ms word dan Excel di dunia kerja secara riil. Kedua, pelajaran tentang softskill berupa cara berkomunikasi yang baik, manajemen waktu, dan problem solving

Sekali lagi, Mimin ucapkan terima kasih kepada DAPD Kabupaten Buleleng atas penerimaan, kepercayaan dan pembelajarannya selama Mimin PKL๐Ÿ’“๐Ÿ˜‡. 

Dokumentasi Perpisahan PKL









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Mata Kuliah Agama Islam

Resume Mata Kuliah Agama Islam

Resume Mata Kuliah Agama Islam